Cara Membuat Novel yang Bagus dan Menarik untuk Pemula

PemulaBerikut ini saya akan jelaskan empat tips umum tentang cara membuat novel yang bagus dan menarik untuk dibaca. Memang banyak sekali cara menciptakan novel yang bagus dan enak dibaca, namun dibawah ini saya hanya menerangkan tentang beberapa tips untuk penulis novel pemula yang sedang belajar menulis novel. Untuk lebih jelasnya silakan simak empat tips membuat novel berikut ini:

SATU

Tulis apa yang Anda ketahui. Tulis pengalaman pribadi Anda. Itu adalah cara menulis novel yang baik. Tetapi jika Anda ingin menulis tentang sesuatu di luar pengalaman Anda, maka Anda harus mengerjakan lebih banyak PR.

Sebenarnya tidak masalah ketika Anda ingin menulis cerita yang diluar pengalaman Anda, namun Anda harus mengetahui dan cukup memahami tentang permasalahan tersebut. Misalnya Anda ingin membuat novel dengan latar belakang luar negeri, negara Turki misalnya, setidaknya Anda harus membaca hal-hal yang berkaitan tentang Turki. Apa makanan khasnya, bagaimana sejarah bangsanya, apa bahasanya, bagaimana gaya hidupnya, bagaimana tata krama yang lazim digunakan. Intinya Anda harus meriset kecil-kecilan tentang Turki.

Atau alangkah bagusnya Anda sengaja bertandang kesana untuk lebih meresapi lingkungan dan manusianya.

DUA

Jangan tulis semua yang Anda tahu. Tulislah setiap karakter sampai terlihat senyata mungkin. Sebab pembaca Anda tidak ingin membaca profil biografi lengkap dari setiap karakter. Tulislah secukupnya, sesuai dengan keperluan cerita saja.

TIGA

Jangan hanya menyebutkan tapi buatlah adegan. Misalnya Anda ingin menulis tentang rumah tangga yang bermasalah. Sang Ibu mengetahui sang bapak telah berselingkuh dengan wanita lain. Terjadilah pertengkaran hebat antara suami istri. Buatlah adegannya.

Pembaca Anda ingin melihat dan mendengar pertengkaran itu. Jangan hanya menyebutkan. Tampilkan kepada pembaca apa yang sang istri katakan. Dan apa jawaban suaminya. Tampilkan bahasa tubuh mereka. Tampilkan reaksi anak mereka yang menyaksikan pertengkaran itu. Tampilkan noda hitam di dinding setelah sang istri melempar gelas berisi kopi. Dan adegan lainnya.

Bila Anda membuat adegannya sehidup mungkin, maka Anda akan membuat pembaca Anda seolah sedang menonton sinetron atau film. Dan itu baik karena pembaca akan menyenangi novel Anda.

EMPAT

Tulislah ringkasan novel Anda dalam satu paragraf. Jika Anda merasakan kejanggalan dalam menulis ringkasan itu berarti ide-ide Anda belum cukup terfokus. Dan Anda harus menambahkan kekurangan itu.

Yups, demikian tips/ panduan umum tentang cara membuat novel yang bagus dan menarik, khususnya untuk pemula yang sedang belajar bagaimana cara membuat novel. Mudah-mudahan bermanfaat.

Bagi pembaca yang ingin latihan membuat novel, silakan pesan:  Video Tutorial Cara Cepat Menulis Novel Metode 2JT atau kalau mau ikut pelatihan menulis novel online silakan baca penawarannya di tulisan ini: Kursus Menulis Online

 

This entry was posted in cara membuat novel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

274 Responses to Cara Membuat Novel yang Bagus dan Menarik untuk Pemula

  1. Bunda Sabina says:

    sy mau jadi penulis best seller :) tolong dibantu :) saat ini sy sedang belajar

  2. eva says:

    sya punya masalah ketika mau menulis,,
    sya sdah pnya gmbran,tpi bingung mau mulai darimana?tolong bntuanya

    • caramenulisnovel453 says:

      Ya, menulis novel itu bercerita…
      Tuangkan cerita anda. Setiap orang pasti tertarik mendengar cerita…
      Novel anda akan menarik bila anda mampu menulisnya seperti bercerita kepada teman akrab anda

      Setelah Eva menulis suatu cerita maka barulah Eva lihat dan baca novel orang lain
      Tirulah cara penulisnya bercerita…bagaimana ia memulainya…

  3. Monica Dilla Maulina says:

    whahah infonya makasih :*

    • caramenulisnovel453 says:

      sama-sama Monica Dilla Maulina

  4. Fernanda says:

    cara menerbitkan novel itu biasanya di mana dan tolong bantu aku untuk membuat novel yang bagus dab berguna buat masyarakat (masih awal mula)
    setiap bab itu ceritanya di lanjutkannya apa setiap bab itu berbeda aku masih belum tahu kalau soal yang satu ini :D

  5. saya juga ingin menjadi penulis best seller. tolong dibantu dan didoakan ya supaya karya karya saya bisa mendunia#amin

    • caramenulisnovel453 says:

      Amin… semoga karya sinta aulia claudin mendunia. Nanti kalau sudah terbit karyanya minta gratis satu, boleh ga? he..he…

  6. calvin says:

    sore bu, boleh minta kontak email atau fb untuk membantu saya menilis, saya ingin belajar mnjadi penulis terima kasih

  7. shani says:

    dari dulu saya ingin jadi penulis..
    saya minta saran nya , apa yg harus pertamakali saya lakukan ?
    dan bagaimana hal tsb terjadi !
    mohon dibantu..

    • caramenulisnovel453 says:

      Sodara shani yang baik. Untuk menjadi penulis anda harus banyak menulis.
      Ya, tidak ada cara lain untuk jadi penulis selain latihan menulis yang rutin.
      Seperti mengendarai motor… untuk lihai mengendarai motor kita harus memulainya
      segera… Kalau jatuh bangkit lagi, belajar lagi. Jatuh lagi, bangkit lagi, belajar lagi…
      Begitu seterusnya jangan pernah berhenti belajar sampai bisa dan lihai.

  8. joeshua says:

    boleh gak , bikin novel yg critanya itu sesorang dari negara lain (*amerika misalnya) ? Bisa kasih tips ga, kalo critanya spt itu ??

    • caramenulisnovel453 says:

      boleh aja asal anda bisa mengeksplorasi watak tokoh seorang bule. Bila bule yang baru datang ke indonesia pasti bahasa indonesianya cedel. Nah anda harus membuat percakapannya cadel begitu.

  9. joeshua says:

    trus kalo sy milihnya crita org bule yg bersetting di luar negeri , percakapan yg cocok gimana ya ?? Pake bahasa indonesia yg kaku apa bahasa indonesianya anak muda ?

  10. ika lestari says:

    Aku baru ingin menulis , sudah aku pikirkan sang tokoh .. namun aku bingung harus memulai darimana , dan juga bingung untuk menjabarkan kisahnya .. masih gak bisa n plinplan buat memperluas cerita .. –“

    • Chiyoko-Chan! says:

      Haha… Aku bukan ahlinya, tapi aku mengerti sedikit tentang novel. Kalau ingin memulai, Kakak buat pengantar atau prolognya dulu. Aku kasih contoh, misalnya,
      , “Namaku Carlez Raine. Aku bukan orang yang hebat maupun terkenal. Aku hanya murid SMA biasa yang bersekolah di SMA biasa. Namun, Ada satu hal Dari diriku yang berbeda Dari orang lain, aku adalah sang budak malam, Pangeran segala ketakutan Dan kebencian di dunia ini, Sang pangeran mahkota bertatahkan darah, Pangeran Vampir!”
      …Dan sebagainya, yang penting, Kakak membuat orang nyaman membacanya dan tanpa sadar paragraf itu meresap ke pikiran mereka sehingga mereka mudah mengerti Dan menerima Hal aneh selanjutnya.

      Kalau Ada yang ditanyakan, Kakak bisa Kirim email lewat yahoo ke chiyokomizuka@ymail.com

  11. ika lestari says:

    aku baru mau nulis , aku suka nulis .. aku sudah memikirkan sang tokoh , namun bingung mau mulai darimana untuk menceritakan , juga bingung untuk menjabarkan .. masih gak bisa n plinplan buat memperluas cerita .. gimana dongg .. ? –“

    • caramenulisnovel453 says:

      Untuk memulai menulis novel… anda perlu IDE. Dan ide itu biasa keluar ketika kita bercerita. Mungkin anda sering punya banyak bahan/ ide cerita yang ingin diceritakan ke teman. Nah, begitu juga dalam menulis novel. yang anda butuhkan itu ide atau bahan cerita. Semua bahan cerita anda kepada teman anda layak untuk dituliskan menjadi novel. Hanya anda butuh kratifitas mengambangkannya.

      Jangan takut salah. Tulis saja dulu apa yang ada di dalam kepala… masalah benar-salahnya, masalah banyak sedikit konfliknya, masalah ketidakteraturannya… jangan pikir dulu. Itu artinya anda sedang dalam proses belajar…

      Berceritalah seperti anda berbicara dengan teman…

      Trus perbanyak baca novel orang lain. Atau tulis ulang novel itu beberapa paragraf. Pelajari bagaimana pengarang menyusun cerita….

      Selanjutnya banyak ikut forum penulisan..

      • mzakiroyhan says:

        Thanks banget yaa untuk informasinya ,ini akan bermanfaat untuk 1 atau 2 tahun ke depan!

  12. Chika says:

    Saya ingin membuat novel yang bagus, tapi saya ingin latar belakangnya luar negeri (amerika) . Saya mau karakternya tidak terlalu tua, (umur 21) tapi sudah kerja. Tlg bantu.

  13. nida naufal says:

    ssya binggung cara menulis novel mau darimana, juga binggung cara merangkai kata-katanya dan menulis awal novelnya
    tolong bantuannya

    • caramenulisnovel453 says:

      untuk penulis pemula sarannya adalah menulis bebas dulu. Tuangkan semua ide dan uneg-uneg ke atas kertas. Tulis apa saja yang terlintas di benak. Jangan batasi kreatifitas dengan banyak aturan menulis. Lupakan semua aturan tata bahasa. Lupakan dulu EYD. Abaikan dulu titik koma. Menulislah yang mengalir. Menulislah yang banyak dan sering dulu hingga tumbuh rasa kecintaan pada dunia penulisan.

      Setelah itu anda terapkan dalam satu atau dua bulan, mudah-mudahan anda akan menemukan cara menulis novel yang baik dan benar. Anda akan naik kelas, mulai memahami bagaimana cara menulis dengan asyik.

  14. Jeana says:

    Aku penasaran untuk menyusun plot dalam novelku
    Sudah tiga kali aku menulis novel dan ketiga-tiganya dipulangkan untukku
    Aku belajar dari kekurangan yang kupunya dan kini yang membuatku bingung tentang plot’nya. Harap bantuannya terima kasih.

    • caramenulisnovel453 says:

      Silakan baca lagi Cara Membuat Plot di Artikel Saya, ya

  15. Chika says:

    Maaf atas pertanyaan saya sebelumnya karena kurang jelas. Maksud saya adalah bagaimana menyusun plot. Saya sudah coba berkali kali..

  16. Falah says:

    kalo buat ceritanya fiktif lebih rumit atau lebih mudah?
    terus kalo buat cerita fiktif yang baik itu seperti apa?
    makasih.. :)

    • caramenulisnovel453 says:

      Tentu lebih mudah. Intinya anda harus punya IDE ceria dulu. Setelah itu anda ganti tampat, nama dengan hal yang tidak ada pada kenyataan. Anda bisa kasi nama toko utama SuperDog, Kumbang Macan atau apa misalnya. Anda juga bisa kasi nama tempat Gua berduri, Istana Ikan belut, Lumpur Emas atau apa misalnya. Jadi dalam cerita fiktif kita bisa lebih mudah mengkreasikan hal2 itu. Hanya saja kembali ke inti Inti: Anda harus pandai meramu cerita dengan menarik. Dan untuk mendalami hal ini Anda bisa belajar langsung dari novel orang lain. Baca berulang-ulang karya mereka, nanti anda akan banyak menimba ilmu. Cara ini adalah cara terbaik untuk pemuls.

  17. Fakhri says:

    min, tempat publish cerita yang bagus dimana?

    • caramenulisnovel453 says:

      Silakan ketik di google kata kunci ini: Annida dot com

  18. Chika says:

    Bagaimana cara membuat judul yg menarik?

    • caramenulisnovel453 says:

      Pertama. Lihat dan pelajari judul2 novel best seller.
      Kedua. Lakukan survey. Bikin Tiga Sampai Enam Judul. Lalu sodorkan ke beberapa atau banyak teman. Minta mereka memilih judul yang paling menarik. Ini lebih efektif

  19. Chika says:

    Bagaimana cara membuat cerita yg rumit?

  20. triya says:

    kak misalnya saya pengen bikin novel dengan setting kota Surabaya, tempat-tempat yang ingin saya ceritakan itu harus beneran ada atau ngarang juga boleh? pleasee bls kak

    • caramenulisnovel453 says:

      boleh beneran boleh fiktif

  21. hesty says:

    ass.. sy masih belajar ttg cara penggambaran perasaan yang di rasakan tokoh. jadi penggambaran melalui narasi yg baik itu bagaimana?

    • caramenulisnovel453 says:

      silakan baca lagi tulisan saya yang berjudul Sembilan Tahapan Menulis Novel yang Baik dan Benar, ya

  22. Fany Krisnadianti says:

    Wah trima kasih ya atas info cara menulis novelnya.
    Aku mau mencoba menulis novel dengan genre persahabatan tapi ada romancenya juga kak, trus yang selalu aku bingung itu sudut pandang, judul, dan awal mulainya..
    aku bisa menggambarkan tapi gabisa nuangin ketulisannya. itu cara yang lebih baiknya gimana ya kak? bisa tolong dibantu?

    • caramenulisnovel453 says:

      silakan baca penawaran saya di kursus menulis novel 100 hari ya…

  23. Hari nie dah tiga kali saya cuba buka blog nie.. rasa cam server error
    ja .. harap boleh di baikki .. ramai yg tunggu penulisan baru dari awak

  24. Lukman hakim says:

    Ass.. Bu saya mau tanya, skrng ini saya bingung mau lanjutin karya yg mana.. Klo mnurut ibu, lbih bagus tokoh ny itu “AKU” saja yg d ceritakan, ato smua tokoh ?

    Misal novel 1 itu hanya fokus kepada tokoh AKU, dan tidak memaparkan khidupan tokoh lain .

    Atau misal novel 2 setiap tokoh dalam novel semua pemikirannya d tulis .. Seperti sinetron yg tiap” pemainnya d critakan khidupannya masing”, tak fokus pda tokoh utama .. Tolong jawabanya

    • caramenulisnovel453 says:

      Semua tokoh penting harus diceritakan sepintas tentang kehidupannya. Ga harus detil. Sambil ngalir aja. Misalnya: Si ujang (antagonis) yang beberapa minggu lalu menikah dengan Marni (Pelacur Desa) kini sedang menjadi boronan. Beberapa waktu lalu dia diduga kuat mencuri di rumah Iparnya sendiri, Wati…. bla, bla, bal

      Paragraf diatas sebenarnya sudah menginformasikan pada pembaca bahwa:
      Si Ujang telah menikah
      Dia penjahat
      Jadi Buronan

  25. hilman says:

    saya ingin menulis novel bertema fiksi ilmiah yg menceritakan tentang negara indonesia di masa depan dgn kemajuan teknologi yg spekulatif. apa itu ide yg bgus atau aneh? wkwkwk

    • caramenulisnovel453 says:

      absah saja. Yang penting anda bisa berimajinasi. Semua cerita layak ditulis….

  26. Bagaimana yah cara menciptakan adegan yang hidup dan membuat pertemuan antar tokoh itu kelihatan menarik? Mohon di jwab :)

    • caramenulisnovel453 says:

      Menulislah seolah anda sedang me-shooting tokoh tersebut dengan kamera. Deskripsikan fisik, emosi dan percakapan mereka…. Misal: “Kamu tidak makan Bud?” tanya ibu.
      “Sedang tidak lapar, ma. Budi telat nih. Assalamualaikum” dengan bergegas Budi menyambar tas merahnya dan berpamitan kepada ibu dengan salam yang diucapkan sambil berlalu…

      • muhamad hasbi s says:

        ka aku mau nanua nih…
        kan aku mau bikin novel nihh..
        ukuran kertas untuk membuat novel itu berapa ya..

  27. novy says:

    saya masih kelas 7smp , tpi saya udah punya 15 koleksi fanfiction atau cerpen buatan sendiri dan rata-rata semua cerita nya pengalaman saya semua. kalau di bikin novel bisa ga ya ? mohon bantuan nya ^^.

    • caramenulisnovel453 says:

      Boleh… bisa, bisa,… silakan bikin blog lalu posting tulisannya di blog biar kita bisa komentar…. okehh

      • Along says:

        Bu, saya punya Blog dan saya isi dengan beberapa fiksi kecil, mohon kunjungan dan saran kritiknya ya Bu.. dan insya allah saya juga akan merampungkan awal penulisan novel saya, dan di blogpun sudah saya buatkan foto ilustrasi, ini alamatnya : http://www.coretan-along.blogspot.com

        • caramenulisnovel453 says:

          Good Job… membaca blog anda membuat banyak calon “telur” novel menetas di benakku. Blog yang menginspirasi

          • Along says:

            Terima kasih Support, Perhatian dan Kunjungannya Bu, mohon Saran dan Kritikan untuk langkah selanjutnya Bu…

          • caramenulisnovel453 says:

            Sarannya tulis aja yang banyak sampe tumpeh-tumpeh he..he…

  28. Dek says:

    Aku coba nulis novel di dlmnya brisi pengalaman pribdi, imajinasi jg kejadian2 nyata dskeli2ng kta, tp knapa pas kelar susah bkin judul? Mau terbitin jg gak tau kmana dan cranya gmana? Bntu solusi donk..thank’s

  29. Alat Berat says:

    Terkadang pada waktu kita membuat cerita ,
    menemukan titik buntu ide cerita di tengah2 cerita..
    bagaimana cara mengatasinya ?

  30. Amstrong says:

    ketika saya ingin menulis sebuah novel ,
    terkadang saya bingung membuat sudut pandang tokohnya bergantian bisa tidak yaa ?

  31. menulis cerita one shoot itu lebih mudah karena hanya menceritakan setting di satu tempat , tetap bagaimana cara menceritakan banyak shoot agar pembaca tidak jenuh membaca ?

  32. shusaku says:

    hasil yg kita terima unk royalti biasanya berapa ya rata2?

  33. cara menulis yang baik itu seperti apa ?

  34. Bagaimana membuat cerita yang tidak mudah membuat pembaca jenuh ?

  35. Makasih yaa untuk tips nya ,
    semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin membuat cerita novel…

  36. Parking says:

    menulis karya semi ilmiah seperti apa yaa ?

  37. Indar says:

    Kalau saya nulis novel, ada yang ngutip kalimat dari novel lain boleh atau tidak?

    • caramenulisnovel453 says:

      usahakan jangan…. kalo bisa dimodifikasikan saja sesuai dengan cerita anda

  38. rid says:

    mau tanya, kalo semisal dalam novel itu ada adegan merokok itu gimana ya?
    lebih tepatnya karakter itu masih anak SMA
    kira kira adegan merokok tersebut memperjelek isi dari novel ga?
    mohon bantuannya
    matur nuwun

    • caramenulisnovel453 says:

      tidak apa2 yang penting anda tahu bahwa perokok itu biasa untuk orang dewasa dan juga biasa untuk anak remaja yang nakal. Bahkan perokok itu juga bisa dilakukan oleh peran utama. Hanya saja dia sedang berada di dunia gelap belum insaf.

      • rid says:

        wah, makasih mba atas saran serta kritiknya
        sangat membantu :D

  39. Fey fina says:

    Jadi gini kak, kalo aku mau nulis novel itu suka bingung sendiri, harus mau nulis apa dulu, yang mana dulu, padahal gambarannya udah ada.. Tolong bantu yah kak.. Makasih sebelumnya :)

  40. christ says:

    wah postingan bermanfaat,untuk penulis pemula seperti saya :D

  41. thedreamer says:

    kaka.. aku ingin membuat novel yang cerita perbab-nya sangat sangat berbeda tapi di bagian akhirnya semua bab itu akhirnya menyatu..
    gaya ini disebut apa ya kak ?
    dan bisakah kaka menyarankan sesuatu tentang ini ?

  42. Nareddita says:

    Lebih mudah mana, karakter menggunakan latar belakang orang pertama , kedua atau ketiga?

    • caramenulisnovel453 says:

      untuk pemula lebih mudah menggunakan orang pertama karena kita menjadikan diri kita sebagai pemeran. ini baik karena kita bisa meresapi cerita yang kita buat

  43. Nabila Surya says:

    Asw. Maaf bu/pak saya ingin bertanya. Saya saat ini sedang proses membuat novel, kata teman saya novel saya cukup menarik. Nah, di novel saya, saya memfokuskan cerita kepada tokoh “aku”. Menurut bpk/ibu itu bagaimana? Gak apa-apa kan hanya memfokuskan cerita kehidupan si “aku”? Terimakasih. Mohon dibalas :)

    • caramenulisnovel453 says:

      tidak masalah yang penting ceritanya menarik…. kalo bisa nabila bikin blog trus nabila tulis atau kopi paste calon novel nabila itu di blog biar saya dan teman2 kasih komentar….

  44. Evhie_Kim says:

    Hallo eonnie ^^
    Aku mau tanya nie ^^
    Aku kan mau coba buat nulis novel nie :) tapi bingung harus di mulai dari mana :(
    Sebenarnya aku hanya bisa buat cerita seperti naskah/skenario saja :)
    Aku juga sudah punya beberapa cerita >..> Pin: 28dd2a39 (081999753282)
    FB: Evhie Chainezz >> Twitter: EvhieWoo92
    Mohon bantuannya ya eonnie ^^

    • caramenulisnovel453 says:

      hmmm alamat kontak yang dikasih lengkap banget…. yups mudah2han kita bisa diskusi lebih dalam

      • Evhie_Kim says:

        Iya ^^ habis aku pingin banget mencoba hal baru eonnie ^^
        maaf ya eonnie aku terlalu cerewet kkkk XP
        kalau boleh, aku bisa minta alamat eonnie gak ??
        biar bisa lebiih ganpang tanya”nya ^^
        Aduhhh jadi merepotkan ^^
        Mianhae ^^

  45. Yulinda Kartika Sari says:

    Ass.
    Hello! Aq Yulinda, makasih atas infonya. Umurku baru 13 tahun, dan aq lagi buat novel komedi. nah permasalahannya!! Setiap aku baca ulang ceritaku itu, sepertinya ada kejanggalan yang aneh, gitu? aku juga bingung apa? Kira-kira ada yang tau ga??

    terakhir, Saat kita mau kirim naskah cerita novel itu ke sebuah redaksi penerbit, kira-kira apa aja yang dipersiapkan?? Mohon dijawab, thank’s, Wass.

  46. Shafira says:

    kak, kalo aku misalnya sudah selesai membuat novel. terus aku mau minta pendapat kakak tentang novel aku itu boleh gak kak? kalo boleh aku minta email kakak dong. terimakasih sebelumnya:-)

  47. MUAD says:

    BAGAI MANA CARA MENGHILANGKAN RASA BOSA, BINGUNG DAN TIDAK PERCAYA DIRI DALAM MEMBUAT NOVEL

  48. Eti s says:

    Assalaamu’alaikum
    info yg sngt membantu!JazakiLLAH ukhti

  49. Dwi says:

    Saya pgen jadi pnulis, sya jg dh ada gmbrn y tp gx tau cra nlis y tu gmna?

  50. Aries says:

    Aku biasa nya nulis – nulis cepen ni mbak.. sekarang pengen banget buat novel.. hehehe..
    BTW makasih Info nya ya mbak.. Jangan lupa kunjun balik.. :)

  51. Josua says:

    Untuk cetak novel gimana?
    Trus Format Kertas dan tulisan untuk novel gimana?
    Format tulisan bolekah terserah?
    Kira kira kalau format ukuran kertas sekita 13,5 X 19 itu cocok gak ?

  52. Mas,bisa tolong bantu saya ga? saya mohon. Kemarin saya sudah ke penerbit dan mereka tak memberi solusi mereka hanya menyuruh kirimkan script saya. Mohon dibantu dengan visit yudhatrinugraha44.blogspot.com yang alhamdulillah sudah sampai 57ribu visitors dan tolong kasih tau saya dimana kekurangan atau masukannya. Terimakasih mas :)

    • caramenulisnovel453 says:

      Hmmm blog yang bagus dan super gaul. Dugaan saya…Yudha ini kalo sekali bikin status di FB … pasti banyak yang like. Sekali tweet… banyak yang retweet… tulisan di blog anda itu unik dan gaul… nulisnya sudah super mengalir… mungkin karena atas dasar pengalaman pribadi sendiri. Lucu juga tulisannya… sesekali saya tertawa membacanya… Kesimpulan saya… anda sudah memiliki karakter. Good Job, bro!

      Masukan untuk anda…
      Pertama. SABAR. Penolakan = Butuh perbaikan
      Kedua. Menulis dengan alur atau kerangka cerita. Tidak cukup hanya pandai bercerita. Pembaca butuh sesuatu yang dapat dipetik dari cerita kita. lihat tulisan saya disini; http://caramenulisnovel.com/kursus-menulis-novel/menyusun-kerangka-cerita.htm
      Ketiga. Cerita anda harus mengandung “Pesan Kehidupan”. Apa harapan anda setelah orang membaca novel anda. Misalnya anda ingin orang insaf agar dari hobi senang nyakitin hati orang. Atau agar cewek berhati2 dengan…. apa misalnya… atau pesannya malah untuk para orang tua agar gimana gitu…

      Demikian

      • aaahhh saya sangat berterimakasih,saya pikir tidak akan ada respon. Iya alhamdulillah status FB atau Twitter sudah banyak yang retweet atau like di fb. Masukannya super duper positif dan membuat saya semakin semangat juga. Terimakasih terimakasih terimakasih. Dan tolong bila ada masukan lain,saya siap mendengarkan hehehehe SALAM OLAHRAGA :D

  53. SISKA says:

    Saya mau nanya nih mind,, saya sudah menggambar kan tokoh-tokoh nya, alur cerita nya dan gaya bahasa nya. Tp saya masih bingung untuk menggambarkan isi temanya, dan klu latar cerita itu hanya bisa di satu tempat intinya saja atau bagaimana.?

    • caramenulisnovel453 says:

      Tema itu penting dalam tiap karangan. Tidak ada tema tidak ada daya tarik dan tulisanpun tidak akan dibaca karena tidak ada pelajaran yang bisa dipetik darinya.

      Tema cerita itu berisi pesan yang “bisa dipetik setelah membaca novel”. Misal: Setelah membaca Novel Maryamah Karpov, saya mengambil pelajaran bahwa “Seorang wanita juga bisa berperan aktif dalam masyarakat”. Setelah membaca novel ayat-ayat cinta saya mengambil pelajaran bahwa “Kita harus bekerja Keras Untuk Menguasai Ilmu” dll.

      Tulislah novel mengikuti tema. Dengan tema, kita bisa mengarahkan pikiran pembaca untuk meyakini atau meneladani satu pesan kehidupan. Jadi tidak hanya sekedar bercerita.

  54. Aaron says:

    Malam mbak…
    saya dari kecil suka sekali mengarang…
    gak sombong sih… nilai mengarang dalam pelajaran bahasa indonesia saya selalu bagus…
    dari kelas 5 SD sampai SMP dan SMA selalu bagus…
    makanya saya pingin jadi penulis.. tapi sayang… keluarga wktu itu gak ada biaya buat nyekolahin saya ke jurusan sastra.. meskipun rumah saya deket dengan Universitas Negeri Malang
    dalam Otak saya ini bUaaaaanyak sekali ide ide cerita fiksi ilmiah maupun fantasi..
    kalo menurut aku ceritanya bagus bagus…
    tapi… nah ada tapinya…
    ide cerita yang udah muncul di benak mesti saya tulis. saya buat cerita singkat/rangkuman.
    ketika saya kembangkan menjadi bab bab selalu gak selesai…
    kalo saya pikir-pikir lagi mungkin kesulitan saya karena saya tidak bisa membuat plot itu pertama .. kedua, saya ini orange plin plan mbak.. jadi ditengah cerita mesti alurnya atau cerita itu berubah… ya mungkin karena sebab dan akibat tadi.. jadi ada penambahan disana sini maupun tokoh..
    nah disitu saya mesti melenceng dari ide pokok…
    tpi kalo ikutide pokok cerita saya jadi pendek.. cerpen mungkin yo…
    saya inginnya nulis novel bukan cerpen…
    kira kira mbak MITA yang cantik ini bisa memotivasi saya ndak dengan petuah-petuahnya..
    trimakasih loh atas jawabanny..
    oya saya punya dua cerita yang fokus mau saya selesaikan yang pertama saya buat sejak tahun 2006.. karena kendala pekerjaan dan lain-lain… jadi mangkrak mpe sekarang sulit mau buat endingnya

    • caramenulisnovel453 says:

      Pertama. Menulis novel itu butuh fokus dan kesediaan meluangkan waktu.
      Udah baca ebook gratis di sisi kanan blog ini? Silakan download ya…

      Di dalam ebook itu saya tulis bahwa untuk benar2 jadi penulis kita tidak cukup mengandalkan bakat tapi juga butuh kesediaan meluangkan waktu. ngga harus sepanjang hari 24 jam nulis novel, tapi tiap hari kita harus nulis. Satu jam sehari misalnya atau malah setengah jam sehari.
      Patuhi jam kerja anda maka anda akan melihat naskah novel anda udah mulai “meninggi”.
      Itu yang pertama…

      Kedua. Tema ceritanya ngga usah yang besar dulu. Makin kecil makin bagus. Pepatah barat mengatakan, “Small is sexy” kecil itu seksi. Justru banyak novel best seller yang berawal dari ide sederhana. Contoh: novel Maryamah Karpov” Andrea Hirata. Temanya tentang “Peran Wanita Dalam Masyarakat”. Andrea menyuguhkan cerita seorang Maryamah yang menantang main si Jago catur se kampung, yakni mantan suaminya sendiri. Banyak yang mencibir, tapi begitulah maryamah dia ingin juga mengangkat harkat wanita yang juga tak kalah dengan laki2.

      Novel Maryamah Karpov memang tebal tapi Temanya simpel. Bagi penulis baru hendaknya banyak2 membaca novel seperti ini. Tidak usah muluk2 dulu idenya, sederhana saja, biar gak pusing menggambarkan proses ceritanya.

      Ketiga. Buat kerangka cerita dulu. Dengan membuat kerangka cerita kita jadi terarah, tidak keluar jalur. Coba baca lagi artikel saya tentang membuat kerangka cerita disini: http://caramenulisnovel.com/kursus-menulis-novel/menyusun-kerangka-cerita.htm Dalam tulisan itu saya contohkan bagaimana sebuah film digarap hanya dengan ide dan alur yang sederhana.

      Selamat menulis novel… mudah2an novelnya cepat selesai…
      Demikian semoga bermanfaat…

      • Aaron says:

        terima kasih banyak responnya
        sangat memotivasi…

  55. Yanuar says:

    Assalamualaikum, saya sedang mencoba membuat novel dari pengalaman cinta saya karena teman” bilang pengalaman cinta saya sangat menarik. Sekarang saya sudah mencapai pada tahap pengenalan konflik dalam cerita saya tetapi saya bingung bagaimana menceritakannya karena saya menceritakannya semacam flash back, mohon bantuannya. Terima kasih wassalamualaikum.

  56. firman bagus says:

    pagi min
    saya sedang dalam tahap menulis sebuah novel yg pure dari pengalaman sendiri, nah pemberian nama “aku” dalam novel ini terlihat kaku atau bagaimana? atau saya menggantinya dengan “saya”?
    lalu saya bingung saat merangkai ceritanya, dan bagaimana proses pencetakan nya apakah memerlukan biaya yg mahal? mohon comment dan doanya.

  57. ryan says:

    hallo.. saya mau buat novel yg menarik, tetapi saya tidak tau judul apa buat
    novel saya karena novel saya ceritanya tentang seorang manusia yg dia tidak tau bawah dia mempunyai keturunan bangsawan yaitu keturunan vampir?? bisakah anda membantu saya menentukan judulnya..???
    BY:
    J.R.S

  58. R.Mailindra says:

    Dan jangan lupa banyak membaca dan berlatih. Nulis kaya belajar naik sepeda, harus sering dicoba.
    Artikel menarik.
    Salam,

    R.Mailindra
    http://mailindra.cerbung.com/tentang-blog-ini/

  59. evan tan says:

    Kata orang2 kehidupan saya bagus untuk diceritakan ke sebuah novel
    Tetapi ada sebuah ketakutan ketika sya ingin menceritakan
    Tetapi, saya pun ingin sedikitnya menceritakan bahwa
    Dunia ini tidaklah adil. Mengapa yang benar selalu menjadi slah dan sebaliknya , bahkan pria tetaplah manusia yang tak bisa harus selalu tegar.
    Mohon bantuanya cara membuat novel seperti apa
    Terima kasih banyak .

  60. al says:

    saya ingin membuat novel, dan ceritanya cukup panjang. tapi apakah cara membuat novel adalah membuat sinopsisnya dahulu lalu dijabarkan dalam setiap bab? mohon bimbingannya…

  61. anang andriyanto says:

    saya juga ingin belajar , tolong yah bantuannya dari kalian :)
    Makasih

  62. Saya ingin belajar cara membuat novel , ada yang bisa bantu saya gak ??

  63. obeu says:

    ni web masih hidup ga??
    mbak minta saran, supaya ga jenuh nulis novel??
    dan saya agak bungung dengan bahasa nya… gmana tuh??

  64. Ratih Siti Nugraha says:

    saya ingin sekali bisa membuat novel,ceritanya udah ada bahkan sedikit saya tulis dibuku,tapi saya bingung,kata-katapertamanya untuk novel harus seperti apa?mohon bantuannya

  65. Chrizt says:

    ehmpt,,,
    Master, bolehkah saya mengetahui dimana saya dapat bertemu dengan anda atau berkomunikasi dengan anda tentang novel yang sedang saya buat…?

    • caramenulisnovel453 says:

      Saya di Jambi

  66. iksan says:

    yang paling sulit untuk menulis adalah “memulainya”

  67. SF says:

    aku ingin menjadi pembuat novel bgmana crany?

  68. windi hamdani says:

    ada tidak blog untuk menulis novel dari cerita kita sendiri

  69. iam says:

    artikelnya bagus
    makasih, jadi tambah ilmu dan wawasan saya

  70. el Adhzimy says:

    saya mau nanya nih.. saya kan baru baru ini jadi suka nulis nulis novel (tapi seenaknya) tapi saya g tau gimana untuk menulisnya yang benar….
    terus saya menulis novel ingin cerita nya itu yang hanya sebuah kebencian saja.. tapi menurut saya itu kayak terkesan g bagus……
    jadi gimana nulisnya… supaya terkesan bagus…….
    mohon jawabannya…….
    makasih….

    • caramenulisnovel453 says:

      Dalam cerita harus ada baik dan buruknya. Harus ada antagonis dan pratagonisnya. Berarti juga harus ada sayang juga bencinya…

  71. st kh nisa says:

    sy disuruh mmbuat novel oleh tman sy tntang pngalaman cintanya,sebelumny sy blm prnah skalipun mmbwat novel,,,bgaimana cara sy u/ mlangkah n apa yg hrs sy lakukan ?

    • caramenulisnovel453 says:

      Cara terbaik dan tercepat untuk mengerti bagaimana cara menulis novel untuk pemula adalah dengan cara menulis ulang novel orang lain… Tulis ulang satu atau dua bab… nanti anda akan tahu banyak ilmunya. Menulis ulang tulisan orang lain itu sama seperti menyelam di laut. kita akan mengetahui isi lautan setelah kita menyelaminya.

  72. istiana wiraguna says:

    bantu saya dalam membuat novel, saya punya cerita yg menari, tapi saya bingung menyusun kata”nya

  73. Tya says:

    Sekarang saya sedang menulis sebuah novel. Tetapi masalah saya sekarang adalah, saya suka nggak percaya diri dengan tulisan saya sendiri ketika saya searching tentang kesuksesan novel orang lain. Saya merasa tulisan saya tidak menarik sama sekali. Yang kedua, seringkali otak saya buntu untuk melanjutkan ceritanya. Suka bingung akan ke mana ceritanya nanti. Mohon bantuannya… Terima kasih :)

  74. Minna Clairs says:

    Erm, mau nanya nih.. Bagaimana mahu letakkan picture ke dalam novel?

  75. Asri Wahyu Rahmadhani says:

    Maaf min, aku bingung harus darimana aku nulis , Aku lagi mau nulis novel yg Intinya Cowok Islam Jawa Suka Sama Cewek Hindu Bali , Kepentok Agama , Kepentok Pulau , tapi akhirnya jadii .. Bales ya min :)) Thanks

  76. Nurdiana says:

    saat ini,. saaya sedang belajar membuat novel,..saya ingin nanya bgaimna membuat novel yang bagus??saya ingin memnceritakan tentang kehidupan saya mulai dari kecil hingga dewasa,.. dan sya binggun entah dari mna memulainya :)

  77. alinnahar99 says:

    menjadi penulis adalah cita-cita saya.. tapi blum ada yg saya tulis

  78. ILHAM says:

    Keren nih. baca ini langsung deg-degan banget pengen segera memulai. Sampai gak berani baca kelanjutannya, takut kerjaan tercecer haha. Nunggu 2 hari lagi baru mulai nyoba. kalo sempet mampir di blog ku dong, coba liat kira-kira ada potensi gak nih kalo diangkat menjadi buku :)) thangs .

    http://ilhambacha.blogspot.com/

    • caramenulisnovel453 says:

      Sebntar saya bca… Hmm… sebenarnya anda udah punya bakat nulis tinggal diperbanyak saja. Jangan lupa tentukan tujuan anda ngeblog, kalau tujuannya ingin nulis fiksi, fokuskan ke fiksi. kalau ingin non fiksi, tambahkan artikel yg banyak okeh

  79. Bagoez Sc says:

    apakah cara paling mudah membuat novel itu pertama tama harus mengarang sinopsisnya dahulu .
    Saya sudah membuat cerita novel fiksi dan cerita itu sudah sampai di tengah tengah cerita , akan tetapi saat ditengah jalan cerita saya baru menyadari ceritanya seperti berhenti ditengah jalan .

    Mungkin karena saya lupa tidak membuat sinopsisnya @.@”

    • caramenulisnovel453 says:

      Untuk pemula disarankan bikin sinopsis dulu biar terarah ceritanya tidak sana-sini gitu

  80. richman says:

    saya sudah membuat novel setengah jadi ini kalo mau merealisasikannya di film bisa gak yah ?
    banyak banget di otak ane ide2 untuk film masa depan indonesia yang saya yakin akan tembus pasaran film dalam negri dan luar negri

  81. rezy saputra says:

    gw dah buat cerita namun banyak yang salah gimana
    mohon bantuan untuk membuat novel yang bagus

  82. Aulia Ulfah Azzahra Khumaira says:

    kakak ,, aku juga lagi belajar.. pengen jadi penulis best seller deh :’)

  83. rezi saputra says:

    saya dari SMP sangat suka menulis sekarang saya sudah SMA apa saya harus melanjutkan menulis,tapi saya sudah buat 1 cerita dan kata kata guru saya bagus tolong pendapatnya bapak/ibu

  84. rifqi indo permana says:

    saya ingin membuat novel, namun saya masih bingung dengan tips ketiga yang tertera di atas. saya bingung bagaimana cara membuat suatu peristua menjadi nyata dan dapat membius pembaca.
    contohnya:
    Seorang anak tengah termenung, menyendiri di rindangnya pepohonan. dalam hatinya ia berkata, “aku ingin sekali mendengar suaranya, suara nan cantik dan suara perawan yang tak ada duanya.”
    ini dia saya bingung dengan kalimat yang dapat menyambung dari perkataan cerita di atas. tolong bantuannya ya, sudah banyak buku yang saya baca namun masih belum paham.

  85. Icha Deova says:

    saya mau tanya kalo seumpama mau kirim fiksi tu kemana ya??
    #trimakasih :)

  86. Nadia Arzya says:

    Saya penulis baru..
    Ingin membuar novel tapi bingung mencari penerbit nih ;D

    • caramenulisnovel453 says:

      Novelnya udah selesai belum?

  87. saya mulai belajar menulis. setiap kata-kata yang terlintas dipikiran saya selalu saya tulis. Saya juga mulai mengarang suatu kejadian. Apkah hal tersebut sudah benar dalam langkah menjadi penulis? intinya saya menulis apa yang saya fikirkan. Hanya itu. Terimakasih.

    • caramenulisnovel453 says:

      Iya anda sudah mulai melatih kebiasaan penulis hebat: menulis yang sering dan yang banyak

  88. ika says:

    Sya bru nk mula menulis novel jdi sya ngak tahu g mna mahu m
    ulai

  89. Husain says:

    Permisi,
    gaya bahasa yang digunakan dalam novel itu bebas atau haruskah baku?
    dan bagaimana agar penerbit dapat menerima cerita saya??

  90. Rizky putra
    ardiansyah pernah sms san
    sama pacarnya di
    hendpone nya
    dandia pernah
    kegunung ci beber bersama
    temannya.lalu ia
    melihat rmh kosong di atas
    gunung itu.. :->

  91. Priska Savira says:

    Kalau kita mau bikin misalnya nulis “kakak” atau “ayah” itu huruf pertamanya harus memakai huruf capital atau tidak, ya?

    • caramenulisnovel453 says:

      Iya harus pake huruf kapital pertamanya

  92. Sifa says:

    Hallo ,
    Dear Mbak ,

    Saya Sifa , dari dulu saya terbilang sangat suka menulis tapi itu hanya untuk Hobby semata dan jadi Koleksi pribadi , kebanyakan cerita yang saya tulis menjurus seperti Teka Teki , karna saya memang terinspiraasi dengan Agatha Christie dan Sydney Sheldon .. sempat terbersit untuk menjual tulisan saya , tapi kembali ke permasalahan nya ( tidak ada nya rasa percaya diri untuk menjual tulisan yang saya buat ) . seperti fikiran fikiran “ah ini tidak pantas…” atau “ini jelek..” / “ini tidak menjual ” jadi pada akhir nya semua saya kembalikan kedalam folder dokumen sy secara rapat rapat dan membiarkan itu semua tersimpan rapih . bisa tolong kasih masukan , apa yang seharus nya saya lakukan ? . Thanks

    sincrely
    Sifa

    • caramenulisnovel453 says:

      Sifa yang baik. Kita Tidak dapat mengetahui apakah tulisan kita baik atau buruk kecuali dengan yang satu ini: Menawarkan tulisan anda ke penerbit

  93. niken says:

    Min, aQ uda sering bikin cerpen n semua temenQ bilang bagus. Pas aQ beneran buat novel n Q sodorin ke penerbit, semua selalu bilang tulisanQ gak hidup, bertele-tele dan kurang menarik. Padahal konflik dan ide cerita’x menurut tmn2Q bagus. Bisa bantu aQ gak min?

    • caramenulisnovel453 says:

      Hmm… itu pertanda anda sedang masuk pelonco/ ospek. Kalo masih ospek itu artinya bagus. Anda sudah diterima diseoklah penulisan. Hanya saja anda masih baru jadi belum ngerti nian seluk beluk sekolah baru anda itu. Tips: bersabar dan tinkatkan kualitas, pantang menyerah. Bila ditolak penerbit satu, ajukan pernerbit lain. Toh dengan menunjukkan karya, kita tidak perlu keluar banyak modal. Justru kita untung karena bisa dapat masukan dari si calon pernebit. Tetap semangd

  94. permisi saya mau nanya , novel itu mesti cerita bersambung gak ? soalnya kata temen saya novel itu kebanyakan cerita bersambung . makasih

  95. purwo says:

    mau tanya ni, kn saya udah ada cerita yg udah jadi ni.. terus buat kita mengapresisikan tulisan kita ini dimana ya? mohon bantuannya, saya pengen jadi penulis yg berhasil.. mudahan juga bisa best seler lah.. hihihihihi

    • caramenulisnovel453 says:

      Wah… itu bagus udah bisa bikin cerita. Saran saya anda muat beberapa bab aja di blog. Trus minta teman anda kasih masukan. Jangan lupa ajak saya juga ya

  96. Erman says:

    saya baru petama melunis novel. tapi saya menceritakan tentang kisah hidup saya. apakah novel itu hanya menceritakan saja. tapi cerita novel saya buat ini penuh makan yang bisa di ambil.

  97. nuni nuraini says:

    yaaps, thanks saya akan mencoba, saya mau jadi seorang penuliissssss

  98. saya punya pengalamn hidup, saya ingin menulis pengalamn hidup saya mnjadi sebuah novel yg menarik.. tpi saya masih bngung memulainya.. bisa d blng yg ingin saya tulis ini pengalamn percintaan saya d smk.

  99. aku bingun pas membuat awal cerita ??bisa dikasih contoh ga??

    • caramenulisnovel453 says:

      Hmm… oke insyaAlloh beberapa hari kedepan akan saya tulis cara membuat awal cerita yang menarik

  100. kadhan dalilurahman says:

    Saya ingon menjadi penulis novel tpi umur sya masih kecil harus bagaimana ya?

  101. dicky mulyadi says:

    Saya dicky mulyadi
    Saya sangat ke bingungan bagaimana caramembuat novel

  102. rinaldi says:

    Mohon koreksi dan kritikan pedasnya ya bu.
    Tak terasa jarum jam didinding sudah menujukkan jam 01.00 wib.
    Mata yang tak bisa diajak kompromi masih menyala bak lampu 100 watt.
    Suasana hati bagaikan ombak yang terombang ambing dilautan sambil menampar batu karang dibibir pantai.

    Ingin sekali kubuka buku telp di hp dan sesekali melihat kontak BBM pada satu org yang tertuju, ah… Rasanya ingin sekali menghubunginya, tap hati kecil menolak, seperti ada sebuah peperangan besar dengan tabuh jantung yang sedang dipukul oleh seorang prajurit.

    Disisi lain, aku mencoba untuk mengalahkan nafsu, dengan sedikit berpihak pada akal sehatku. Walaupun terasa tak adil, aku memang harus semestinya seperti itu, agar sang maha pencipta selalu menyertai ku.

    Sesekali nafsu memuncaki benteng akal sehatku, kepungan prajurit nafsu selalu mebuat diri ini hampir rapuh dan tenggelam di samudera kehidupan dunia, aku selalu yakin akan datangnya pertolongan dari sang khalik, karena Dia-lah yang mampu menjadi penolong terbaik bagi seorang hamba yang meminta kepada-Nya.

    Alhamdulillah, diriku terselamatkan oleh sebuah gerakan dan bisa dikatakan jurus pamungkas yang sangat Maha dahsyat, dimana didalamnya terdapat berbagai unsur penyeimbang kehidupan.
    Sehingga apapun serangan yang datang tak akan mampu untuk melawannya.

    Berangsur-angsur prajurit nafsu surut kebelakang, mungkin mereka telah lelah menghadapiku, atau menyusun strategi baru untuk menyerangku?
    Dan untuk menghadapi ancaman demi ancaman yang akan datang silih berganti, aku selalu berlatih secara tekun, sabar, serta bertawakkal kepada-Nya. agar lawan tak bisa menghancurkan benteng keimanan ku.

    Subhanallah, walhamduliilah, wa Laa ilahaillallah huwallahhuakbar..
    Asma-Mu selalu akan berkumandang untuk menjadi seorang hamba yang tawaddu’ beribadah kepadamu yaa Robbal’alamiinn.

    • caramenulisnovel453 says:

      Itu udah bagus. Diperbanyak lagi tulisannya. Makin banyak makin bagus. Bila anda sudah menulis banyak maka anda akan terbiasa aktif mengoreksi tulisan anda. Ini bagus sebab semakin aktif mengoreksi semakin kritislah kita. Bila semakin kritis maka semakin tambah ingin memperbaiki diri, bertambah pula kemampuan baru dalam menulis. Berbeda halnya bila kita menulis hanya sedikit kata… kita tidak akan banyak belajar karena kita tidak pernah banyak berbuat. (Maaf saya tidak mengkritik anda dengan pedas. Saya hanya ingin kasih motivasi)

  103. Nur Fauziyah F says:

    Saya dirumah mempunyai 2 novel yg sudah jadi (Rampung) tapi saya kurang percaya diri untuk memberitahu kepada teman teman sekolah saya akan novel yg saya buat. Bagaimana mengatasi hal itu ?

  104. farhan says:

    terima kasih atas infonya :) mulai saat ini saya akan berusaha lebih keras lagi untuk jadi penulis :)

  105. nurfadillarahma says:

    kalo pencetakan nya biasa dimana ??

  106. Raka N. Purnama says:

    Mau tanya nih, saya ingin menulis novel dengan cerita fiktif. Nah terkait tokoh apa harus benar benar disebut semua? misalkan ada 1 tokoh yg muncul tapi hanya terlihat dalam 3-7 paragraf saja.
    Terima kasih

  107. rinaldi says:

    Bila benar engkau,,
    sanggupkah kau mnjadi tetes embun trakhir yg mnyertai sang daun ??
    Mndampinginya hingga merapuh,, Lalu jatuh k bumi brsama sejukmu,,?!

    Karna daun khwatir,,
    Tatkala pagii pergi..
    Embun tak menetes lagi..
    Dan daun pun kembali mengering sndiri,,,,

    jangan khawatir akan kpergian embun dan paginya, karna masih ada hujan yang penuh akan Rahmat dari-Nya. berusaha dan Berdo’alah kepada-Nya. untuk mendapatkan setitik hujan yang mampu membuat daun yang kering kembali hijau dan bersemi kembali.
    ” Bukan hanya embun yang dapat mengatasi kekeringanmu wahai daun, hujanpun akan sanggup melakukannya.

    “Ah,,terlupa sudah ia pada kuasa hujan,,
    Si daun malang,, hanya pd tetes embun ia brani brharap,,

    Aku Takut hujan dtg bersama bulir2 tajamnya,,
    Lalu prgi stelah mrobek helainya,,

    Itulah namanya kehidupan, sidaun hanya berani berharap pada satu titik dan tak pernah melihat titik-titik kesegaran ditempat lainnya. padahal belum tentu embun mampu memberikan kesegaran terhadap daun, daun tak pernah melihat gemercik yg dipncarkan dari sebuah sumber mata air, dan siraman dari seorang pengembara dng stok air yang telah habis didalam botol persediaanya, sungguhpun demikian, ia rela untuk berbagi kesegaran dng sesama ciptaan-Nya. yakinlah wahai daun ” subuh pasti datang, setelah malam usai, dan kesulitan selalu beriringan dengan jalan keluar dari-Nya”

    Benar juga kata sang pengelana kalbu,,
    Tak hanya tetes embun,, Namun hujan,,mata air,, telaga atau siraman tak sngaja dr pengembara,, Mampu mnjaga helainya utk ttap melambai,,,,

    Namuunn,, haruskah ia menunggu awan menjatuhkan hujan ??
    Meminta akar mnmukannya dgn mata air ??
    Atau tetap mematung mnanti kdatangan air sang pengembara??

    Ah,,spertinya sang daun akan tetap menunggu tetes embun,,
    Karena ia tak hrs menunggu awan hitam,,
    Tak mengusik ktntraman akar,,
    Bahkan tak harus menunggu lama kdatangan sang pengembara,,
    Melainkan hanya satu,,
    Daun hanya harus menunggu pagi,,
    Lalu brtemu embunnya,,

    Duhai daun, mengapa lembaran mu terlalu sempit..
    Coba buka helai-helai yang kau punya.
    Kamu akan merasakan betapa banyak sumber-sumber kehidupan yg mampu membuat mu lebih hidup.

    Karena, benar adanya kata sahabatmu yg bernama akar.
    Dia akan mau membantumu untuk mencari air yg selalu menyejukkan dikala haus.
    Membuatmu berseri walaupun dalam cuaca yg sangat terik.
    walaupun dirinya selalu di injak-injak oleh dirimu dan juga teman-temanmu.

    Jangan pernah kau berduka wahai daun, takdir ku sebagai akar lebih sakit dibandingkan mu, karena aku harus mampu untuk memberikan energi kesemua ciptaan-Nya yg berada diatasku.

    engkau harus bersabar wahai daun, air yg aku dapat, akan selalu ku bagikan untukmu.

    Aku tak akan meminta pamrih darimu, karena tanpa mu wahai daun, aku hanya sebongkah akar yg akan membusuk dimakan waktu.

    Engkau tak pernah tau duhai daun, btapa berharganya diriku.
    Embun takkan bisa memberimu kesejukan tanpa diriku.
    Assalamu’alaikum…
    Kira2 kekurangannya dimana lagi bu?
    Embun takkan mau menggantikan posisiku untuk mewarnai hidupmu.

    Apakah dirimu masih belum sadar dari tidur panjangmu?
    Aku yg selalu akan menguatkanmu,
    Aku yg selalu memberi cikal bakal lembaran-lembaranmu yg baru.

  108. Jesica says:

    saya bingung kalo pngen bkin novel…knp harus ad mood supaya ide kluar yah?

  109. novia says:

    kalo misalnya saya ingin menerbitkan novel saya bagaimana caranya ?
    (karena saya pemula di bidang ini)

    • caramenulisnovel453 says:

      Novia, tempat mererbitkan novel itu banyak kita tinggal cari saja di google. Juga cara menerbitkan novel itu mudah karena anda bisa menerbitkan sendiri. Hanya saja cara menerbitkan novel di penerbit itu yang susah karena si penerbit harus mempertimbangkan kualitas novel kita. Jadi tips menembus penerbit adalah Menulis novel yang berkualitas. Dan bagi penulis pemula janganlah terburu2 untuk menerbitkan novel dulu tapi tingkatkan kualitas dulu baru setelah anda benar2 merasa kemampuan anda menulis sudah semakin baik setiap hari, barulah anda coba tembus penerbit

  110. noita sari says:

    maaf, mohon bantuannya , saya ingin menulis berdasarkan apa yang saya alami tpi banyak hal yg terlupakan , dan saya juga binngung saya harus menulis mulai dari mana kisah saya kecil percintaan saya atau keluarga saya atau teman asmara saya atau orang yang saya suka tpi gaa pernah kesampean untuk menjadi psangan saya atau dari diri saya sendiri ,, saya bingung karna ini pertama kali saya ingin menulis karna kehidupan saya yang begitu gelap namun cerah , banyak hal mennyenangkan dan juga kesedihan yang menarik untuk di tulis .. tapi saya bingung dan belum mengerti .. mohon bantuannnya dan sarannya ..

  111. iwan says:

    Mbak,saya menyukai menulis itu sudah dri bangku SMA,namun saya masih binggung bagaimana,membuat cerita/tulisan kita lebih enak di baca orang dan alur-dengan alur berkaitan….
    saya juga masih binggung membuat “judul” yang menari di baca

  112. prengki says:

    itu sangat bagus buat pemula yang mau membikin sebuah cerita dan di jadikan sebuah novel , dari pengalaman cinta,sahabat,pertengkaran,dan ketidak samaan terhadap sesama .

  113. indii says:

    selamat siang, terimakasih untuk info nya, kalo untuk menjadi penulis , dimulai dari menulis cerpen bagaimana?
    untuk di kirim ke penerbitnya itu melalui apa ya ?
    terimakasih sebelum dan sesudahnya .

    • caramenulisnovel453 says:

      Indi, menulis cerpen adalah level kedua setelah menulis diary. Level ketiga baru Novel. Bagi pemula bagusnya menulis diary untuk lancar menulis cerpen dan novel. Penerbit itu banyak sekali. Anda bisa cari di internet dengan kata kunci: “Penerbit Fiksi” biasanya mereka minta draft printoutnya sekaligus sofcopy lewat email

  114. imade says:

    apa saja kata – kata yg tidak usah ditulis dalam novel agar cerita terlihat lebih menarik ?

    • caramenulisnovel453 says:

      Semua kata layak ditulis dalam cerita. Asal sesuai kontek. Alisa mendukung cerita.

  115. wan says:

    macam mane nak buat intro cerita thiller ya?

    • caramenulisnovel453 says:

      Intro cerita thriller harus langsung suguhkan ketegangan. Contoh saja film thriller, anda tulis pembukanya di kertas. Lalu anda terapkan pada cerita anda cara si sutradara membuka film

  116. nita says:

    Ass.. Sy nita , sy sdg mencoba membuat novel . Tapi sy takut kalau novel yang sdg sy buat ini monoton dan membosankan . Bgaimana sy sharusnya mhon tanggapannya :)

  117. Caca Amanda says:

    Masalah saya dalam membuat cerita itu, bagaimana menuntukan awal dari cerita. Karena yang biasanya muncul di kepala saya adalah konflik dari pertengahan dan ending ceritanya.
    Menurut anda gimana yaa?

  118. muhafizhum hazir says:

    kak saya mau tanya nih, saya mau bikn novel tp blm dpt judulnya. kasih saran ya kak ?
    sinopsis : nabila adl cewek tomboy yang diam” menyukai kakak kelsnya bernama dhani. berbagai cara ia lakukan untuk menarik perhatian dhani. dengan bantuan dua sahabtnya kini ia menjadi seorang cewek cantik yang menjadi idola bagi semua cowok disekolahnya.
    tapi sayang suatu hari sahabt dekt dhani menyatakn cintanya pd nabila. setelah sebulan, nabila memutuskan hubungannya dengan sahabt dhani, karna ini hanya membuat sakit hati sahabt dhani
    di hari kelulusan dhani, nabila mencoba memberanikan diri untk menyatakan cintanya pada dhani, namun sayang dhani sudah memiliki pacar.

    tahun pun berlalu kini nabila pun mengadakan acara kelulusan disekolahnya, di tengah acara trsbt, ternyata dhani datang dan menyatakan cintanya didepan semua teman nabila. sesungguhnya dhani menyukai nabila dari dulu namun sahabatnya juga menyukai nabila, dan dhani tak ingin melukai hati sahabatnya itu.

    • caramenulisnovel453 says:

      Judul Best Seller itu biasanya pake: CINTA. Kalau saran judulnya belum bisa kasi. sebab saya belum tau betul inti ceritanya. Coba liat dan cari inspirasi di toko buku atau di perpus, okeh

  119. DoubleRR says:

    bro gimana caranya menulis novel imajinasi atau menghayal sendiri supaya best seller gimana ya

    • caramenulisnovel453 says:

      Kalau Doble RR tanya GIMANA. Maka jawabannya: ada di PROSES. Karena BEST SELLER itu proses. Tidak ada yang instan bisa sampai ke puncak. Semua butuh langkah kecil dan terus ke depan

  120. Sangat menarik dan cukup memjadi pelajaran

  121. viel says:

    Ka, saya udah dari dulu suka menulis..
    Saya juga kadang suka bikin cerpen
    Kali ini sya mau srius dlm menulis novel..
    Teman saya juga blg cerpen yg sya buat bgs..
    Tapi saya sangat pemula dan kurang pcy diri..
    Dan juga umur sya msi kecil, apakah itu mnjdi mslah?

    • caramenulisnovel453 says:

      Viel yang baik. Sebenarnya tiap orang bisa menulis asal dia mau berlatih. Sekecil apapun anda tak masalah. Anda pernah dengar KKPK (Kecil Kecil Punya Karya)? nah itu komunitas penulis anak2. Dan karya mereka banyak sekali. Anda terus berjuang jangan menyerah. Beranilah menulis cerita anda. Setiap cerita mengandung daya tariknya masing2.

  122. Davita Nathania says:

    Saya juga sedang lagi belajar nulis novel.tapi kadang kalau sudah ada di tengah cerita waktu di baca ulang ceritanya kayak nggak nyambung dan binggung mau nulis cerita dengan latar belakang yang bagaimana…….

    Minta tlg bantuannya ya….doakan semoga saya bisa menulis novel yang bagus,,,,
    amin…..

    makasih ya infonya….

  123. aini says:

    syukran yaa ukh , tips nya. ana pengen jadi penulis novel best seller. nohon do’anya

    • caramenulisnovel453 says:

      Terima kasih telah berkunjung Aini. Amin, semoga anda bisa jadi penulis best seller

  124. asridah says:

    skrang sy mulai mencoba menulis sebuah cerpen tap[i seya tidak tau harus searing ma siapa untuk meningkatkan minat saya mohon perhatiannya dong kak

    • caramenulisnovel453 says:

      Cara terbaik meningkatkan kualitas menulis cerpen adalah meminta tanggapan dari teman anda. Tulislah satu cerpen dan minta tanggapan mereka. Saya juga mau menanggapi cerpen anda. Syaratnya: tulislah di blog. Lalu undang saya untuk komentar. Gimana?

  125. zulkifly qs says:

    Bisa beri masukan untuk saya? Mampir ke blog saya, terima kasih.

    • caramenulisnovel453 says:

      Blog anda udah bagus… tambah lagi ceritanya… siapa tau bisa jadi novel

  126. Nadya says:

    kaaa, maksud nya meringkas novel menjadi satu paragraf itu gmana yaa ?? ide yang terfokus itu kayak apa kah ?? Merci..

  127. aku mau jadi penulis novel ajarin donk

  128. marie d says:

    terima kasih kakak… :)
    sangat membantu.. tipsnya simple tapi meyakinkan..

  129. dwi maulana says:

    sudah punya ceritanya tpi gg tau harus ngrim kemna?

    • caramenulisnovel453 says:

      Ketik aja di google: penerbit novel

  130. dwiksa says:

    mbak … saya ini baru pemula … nah saya itu sudah buat novel saya bab 1 dan 2 …
    nah itu kok “Keliatanya” kurang menarik … Novel nya tentang thriller gitu mbak …
    Jadi apa yang harus saya lakuin mbak biar yang baca itu merasa gimana sih “KEADAAN SEBENARNYA DI NOVEL” …
    Saya udah lakuin yang menjelaskan … trus narasi yang jelas namun singkat …
    tapi kok kliatanya masih biasa aja gitu lo mbak -_- samean bisa tulung bantu ngedit atau gimana gitu heheheh (ngarep)

  131. Ichal says:

    Bang saya lagi belajar bikin novel, nah saya sudah punya bab pertama novel saya, tolong bisa dicek atau dikritik kurangnya dimana gitu, sama minta alamat email / yang lainnya biar saya bisa tanya langsung

  132. Farha Sevanya says:

    tante, aku suka liat di novel tuh ada prolog sama epilog, nah dari mana ya harus mulai prolog sama epilog?

  133. Dhita says:

    halo admin..
    saya seorang penulis pemula nih min dan saya sudah buat novel yg hampir selesai. tinggal 20% lagi mungkin. tapi karena saya banyak tugas di luar dan di sekolah, proyek itu saya tinggalkan beberapa bulan. ketika saya kembali untuk menyelesaikannya, cerita novel itu tidak nyambung lagi di kepala saya, jadi saya memikirkan ide baru dan mulai membuat novel baru lagi. apa saran admin trhdp sikap saya itu?
    terima kasih.

    • caramenulisnovel453 says:

      Fokuskan pikiran anda. Fokus itu seperti ujung tombak yang runcing-tajam. Semakin runcing tajam maka makin mudah tembus sasaran. Tapi kalau tumpul atau malah ujung tombaknya bergerigi maka susah diharapkan dapat buruan. Dengan fokus maka kita akan mudah mendapatkan apa yang kita harapkan

  134. Naya Corath says:

    Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

  135. Diana says:

    assalamualaikum kak, mau tanya ni kak. aku udah coba buat cerita, tapi cerita yang aku buat banyak dialognya, bagaimana cara mempersingkat dialog dengan menuangkannya menjadi bacaan yang suasananya itu muncul dan menarik? terima kasih kak

  136. rhomy says:

    mau jai novelis tapi susah memulai ceritanya
    perjalan hidup say ingin ceritakn lewat tulisan namu lagi lagi sulit
    berkali saya menulis lembaran demi lembaran namun menjadi buntut pun di saat sy tdk tau critanyam mau dibawa kemana
    tolong bantuanntya sob

  137. selamat malam, saya ingin meminta sarannya, dari saya SMP saya sering membuat cerpen maupun cerita2 yg berbasis pada novel2 teenlit yg pernah saya baca, saya selalu mempunyai gambaran bagaimana jalan cerita untuk para tokoh yg saya buat, namun saya sering sekali tidak mendapatkan ide atau konflik yg pas untuk tokoh utama yg saya buat. bagaimana mengatasi hal tsb?
    juga saya sering mendapatkan ide2 baru dan melupakan cerita yg sedang saya buat? mengapa demikian? apa krn saya malas melanjutkan cerita tsb dan beralih pada cerita baru yg menurut saya lebih menarik?
    terima kasih, harap bantuannya krn saya sangat membutuhkan saran2 dari anda…

  138. Fika N Intania says:

    Saya sudah berhasil membuat 1 novel. tapi saya masih kurang percaya diri menunjukkan karya saya pada orang lain.
    saya mungkin kurang percaya diri karena saya masih duduk di kelas 1 SMA. masih susah mengendalikan diri. :)
    kalau boleh saya tanya, bagaimana cara mengatasi rasa kurang percaya diri saya terhadap karya saya tersebut ?

  139. Um,nama tulisan nya apa?Times New Roman,Cooper Black,Chiller apa yang lain?ukuran nya juga berapa?
    Makasih

  140. siti patimah says:

    ka, saya udah ada novel cuma saya masih kurang percaya diri, saya hanya bisa ngepost karangan saya di blog saya saja :( gmana sih ka biar kita tuh gak takut untuk melakukan sesuatu seperti mengirim novel” ke penulis.. :) makasih ka :)

    • caramenulisnovel453 says:

      Silakan kasi tau alamat blog anda ya. Siapa tau banyak teman2 disini yang akan membantu anda.

  141. Nurdin says:

    apakah menulis novel itu dibutuhkan cinta ya ?

    • caramenulisnovel453 says:

      Untuk menjadi novelis profesional, kita butuh cinta dalam menulisnya

  142. Mau tanya :)

    Cara bikin adegan aksi gimana yah?
    Misalkan tokoh 1 sedang berkelahi(pukul-pukulan) dengan tokoh 2.

    Bingung, sering bikin tapi sering juga jadi gak jelas hehe

    Thanks :D

    • caramenulisnovel453 says:

      Caranya dengan mendeskripsikan sebagian kecil keadaan yang mewakilkan perkelahian, seperti:
      memukul: kepalan tangannya mendarat tepat di pelipis penyamun itu
      ditendang: “Buukk…” suara dentum keras terasa dekat di telinga saat sepatu boot tentara itu mengenai punggungku

    • caramenulisnovel453 says:

      Saya kasih contoh, simak adegan berikut:

      “Eh, ada orang lewat, Din!” suara Budi berbisik dari jauh. Kepalanya merunduk di balik semak. “Din, mungkin dua orang ini pencurinya.” Tambah budi.

      Menurut penglihatanku ada benarnya kata Budi. Sebab tingkah mereka mencurigakan. Malam senin itu saya dan Budi sedang menyelidiki kasus pencurian yang akhir-akhir ini marak di desa kami.

      Tiba-tiba tiga orang berseragam ninja meloncat dari atas pohon. Terjadilah perkelahian sengit antara komplotan ninja dan dua orang yang kami duga pencuri itu.

      “Mungkin komplotan ninja ini yang bunuh maling di desa sebelah, Bud.” suaraku pelan sambil terus mengintai perkelahian sengit itu. Kedua pihak menggunakan segala macam cara untuk menyerang dan bertahan. Kawanan ninja menggunakan katana sedangkan pencuri bertahan dengan golok tajam mereka.

      Ting… ting… ting… suara besi beradu terasa jelas sekali terdengar di telinga. Perkelahian yang tidak seimbang ini membuat pertahanan dua orang lelaki yang kami duga pencuri itu sedikit lemah dan perlahan mundur.

      Tiba-tiba pula sesosok tangan kekar mengait leherku dengan kuat. Aku menggeram. Tanganku dikunci ke punggung. Lututnya menekan punggungku dengan keras. Aku tidak bisa bergerak.

      “Siapa kalian?” Tanya seorang ninja yang membekukku. Saya lihat Budi juga berhasil dibekuk.

      “Saya Budi, pak. Saya tidak bersalah, pak. Maafkan kami. Kami berdua hanya kebetulan lewat disini, pak. Ampun pak, lepaskan kami. Kami tidak tahu apa-apa.”

      “Jangan banyak bicara.” bentak sang ninja. Duk… suara hantaman benda tumpul itu dekat sekali terdengar di telinga. Tepat mendarat di tengkorak belakangku. Penglihatanku kabur, gelap….

  143. Terima kasih bunda, infonya sangat menarik, kebetulan saya sangat suka menulis, tp hanya sekedar tulisan di kertas Dan menumpuk. Sy kurang faham dengan metode penulisan cerpen ataupun Novel, mohon bantuannya.

  144. Nauval says:

    Kak cek email dong. Saya baru kirim email

  145. cara cantik says:

    It’s awesome to pay a visit this web site and reading the views of all friends about this
    paragraph, while I am also eager of getting knowledge.

  146. M.H.P.I says:

    thanks tipsnya kak :)
    semoga dengan adanya tips ini,project novel aku lancar
    mohon doa-nya yaa

  147. Lintang says:

    Saya mau tanya, apakah menulis novel bisa di ambil dari sebuah sms?

  148. Permisi …. saya mau nanya , saya sedang membuat naskah Novel ,dan sudah dapat 50 page/lembar , kira2 untuk “Novel Fiksi” pada umum nya rata2 Berapa Page ya ?
    Mohon Infonta ..
    oia dan saya juga menulis beberpa cerita saya di Blog saya : http://vandjiescarlet.blogspot.com/

    • caramenulisnovel453 says:

      Minimal 60 halaman kertas A4 spasi 2

  149. gimana sih,, cara buat novel yang baik,, saya selalu bingung gimana cara membuatnya apa dengan dialog atau sebuah cerita. apa perlu saat seorang berbica menggunakan kata (dengan wajah gembira) apa seperti itu dan menjadi sebuah cerita

  150. indun theresia ginting says:

    slmat siangg
    saya jugk bernama indn theresia ginting
    ingin membuat sebuah novel yg menarikk
    tapi untuk saat ini saya belum mengetahui
    cara yg lebih sempurna untuk membuat novelnya
    agar para pembaca tertarikk dengann novel
    karanagann yg di buay oleh saya sendiri
    demikian lah
    pemberitahuan ini
    semoga anda sekaliann dapat memberi informasi
    yg lengkap kpd saya
    terimakasih

  151. umroh 2014 says:

    ulasannya sangat menari sekali…..

  152. anakmamah says:

    saya sudah membuat novel tapi dari setiap cerita itu terlihat sangat singkat,gimana cara nyaagar wawasan dan car fikir saya untuk mengolah kata menjadi berlebih

    • caramenulisnovel453 says:

      Cara agar wawasan meluas: Membaca yang banyak tentang tema yang akan kita angkat. Dan diskusi sesekali tentang tema itu

  153. anakmamah says:

    mba kalo untuk halaman pembuka seperti penerbit atau penyusun semua nya itu di sediakan dari penerbit atau kita bikin sendiri? ??.

    • caramenulisnovel453 says:

      Itu kerja penerbit

  154. desy risna says:

    selamat siang…
    boleh sedikit bertanya, saya mempunyai beberapa novel yang sudah jadi. tapi masalahnya, saya terkadang saya masih bingung. ketika saya coba membaca ulang novel saya, selalu ada yang kurang menurut saya. saya butuh guru yang baik untuk membimbing. mohon bantuannya…

    • caramenulisnovel453 says:

      Hmm… keadaan yang anda alami itu pertanda baik. Itu artinya anda sudah mengalami perkembangan. Salah satu tanda kemampuan menulis kita meningkat adalah: menertawakan tulisan yang kita tulis di masa lalu. Tips: teruslah mengedit tulisan anda. Nanti akan datang waktunya rasa ingin mengedit semakin berkurang. Ketika waktu itu datang, berbahagialah. Itu berarti anda sudah mulai menjadi expert – lihai.

  155. rionaldocoren says:

    apakah anda bisa membantu saya dimana saya bisa menerbitkan novel saya

    • caramenulisnovel453 says:

      Anda bisa ketik di google: penerbit fiksi

  156. Harianto Sutrisno says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal Mbak Agusmita. Saya seorang penulis pemula berumur 60 tahun. Saat ini sudah menulis 3 novel fiksi yaitu John Wood Sang Petualang sebanyak 551 halaman, Amanah Dan Cinta sebanyak 521 halaman dan Airmata Hatiku sebanyak 423 halaman. Novel John Wood Sang Petualang serta novel Amanah Dan Cinta sudah saya kirim ke penerbit mayor sejak +/- 3 bulan yang lalu, namun belum mendapat jawaban dari penerbit. Novel Airmata Hatiku belum saya kirim ke penerbit. Saya ingin minta saran dari Mbak Agusmita, apakah saya masih harus menunggu jawaban dari penerbit mayor itu, apakah harus saya tanyakan ke penerbit mayot itu, atau apakah saya boleh mengirimkan novel saya ke penerbit yang lain. Terimaksih atas sarannya. Oh ya saya juga sering menerima pencerahan dari tulisan yang Mbak kirimkan ke email saya. Sekali lagi terimakasih.

    • caramenulisnovel453 says:

      Wah saya baru tahu ada penulis pemula berumur 60 tahun. Apa saya tidak salah baca atau anda tidak salah tulis? Usul saya anda tanya lagi ke penerbit. Minta kepastian apakah naskah anda diterima atau ditolak. Kalau ditolak tawarkan lagi ke yang lain :)

  157. Wella says:

    permisi, sebelumnya. saya mau tanya sebagai penulis pemula. dalam membuat gambaran novel, kok saya sering mengalami labil tentang ini itu? walaupun ceritanya sudah separo jalan

  158. fir says:

    Salam dari malaysia, terima kasih atas ilmu yang sangat bermanfaat ni..

    • caramenulisnovel453 says:

      Selamat datang Fir dari Malaysia. Semoga anda betah di blog saya :)

  159. Laela Ayu says:

    Mau tanya . Kalo mau publish novel . Apa harus punya blog ya ??

    • caramenulisnovel453 says:

      Tidak harus punya blog tapi punya blog lebih bagus.

  160. nha says:

    makash untuk caranya.. saya ingin menulis novel tentang kisah cinta saya.. :) bisa kah saya berkonsultasi jika saya mendapat kendala?

  161. aku lagi pengen banget bikin novel soalnya aku sering banget ngarang cerita

    Bantu aku dong, soalnya umurku baru 10 THN

  162. Daffa says:

    Wow…saya belajar banyak dari tulisan ini. Masih banyak hal yang masih harus saya pelajari ternyata :o Terimakasih :)

  163. gigih says:

    saya ingi jadi penulis novel dong , tolong dibantu >

  164. Permissiiiii…….

    mau dong jadi penulis novel best selleerrrrr, bantuanny donggg..
    send email ya, thx

  165. tamtam says:

    Kalau saya sudah punya cerita/novel yang saya sudah bikin, selanjutnya akan saya kemana kan agar bisa saya published dan terjual

    • caramenulisnovel453 says:

      Penerbit novel ada banyak di internet silakan ketik: penerbit novel

  166. Rahadian Ma'rifatulloh says:

    Saya rahadian ma’rifatulloh saya sedang menulis sebuah novel meskipun terbilang baru saya ingin menjadi yang terbaik, saya baru mulai dari bab 1 saya ingin bantuannya bisa hubungi kemana terimakasih

  167. Kharisma Yana says:

    Novel saya tentang “gara-gara mos” apa kira-kira judul yang bagus ya?? thanks

    • caramenulisnovel453 says:

      Gara-gar Mos, bikin Ngos

  168. nana says:

    bantu saya untuk membuat novel ,,, soalnya ini lagi proses

  169. Janto says:

    saya sudah punya buku novel karangan saya sendiri dan sudah saya baca berulang-ulang, dan saya rasa sangat menarik untuk dimuat dalam satu buku. tetapi tempat penerbatan buku saya belum ada. ada gk sobat yg kasih ide dan bantuan untuk menerbitkannya. :)

    • caramenulisnovel453 says:

      Apakah saya boleh baca soft filenya? kalau berkenan kirim ke mitazaid84@gmail.com setelah itu segera sms admin saya: 0852 66966 520

  170. Janto says:

    judulnya “IMPIAN YANG TERTUNDA” thanks

  171. khairunnisa adinda putri says:

    tapi saya juga gk ngerti cara nulis awalnya gimana mbk prolognya atau selanjutnya padahal saya suka beimajinasi tapi saya hanya bisa berimajinasi gambar saja sedangkan dialognya saa berimajinasi terlalu dikit itu gi mana ya mbk kasih saran dongsaya jugu bingung dengan penulisan bahasanya dan inspirasi saya juga kadang kadang kepentok itu gimana ya mbk

  172. Gocan says:

    kaka. kalau buat novel harus ada dialognya ya..
    atau cuman ccerita aja. mohon bantuannya dong
    aku udah punya cerita aku udah nulis sampai dikonflik ni tapi aku nulis gak pake dialog ni

    • caramenulisnovel453 says:

      Harus ada dialognya. Seperti nonton film, kalau novel tidak ada dialog seperti film bisa. Unik tapi tidak menarik :)

      • Gocan says:

        oohh gitu ya,,
        ada lagi yang saya mau tanya saya masih bingun sama dialognya,
        contoh dialog 1;
        Saat itu terlihat daun berguguran jatuh ke bumi terbang bagaikan bersayap, terduduk di ujung pandangan sosok roby yang sedang menyendiri di tengah keramaian teman-teman kampusnya. Namun tetap ia hanya ditemani sebuah buku dan pulpen hitam yang ada di tangannya. Tangannya yang selalu menari-nari di atas kertas putih, menuliskan semua kata-kata yang ada di hatinya. Namun tiba-tiba tulisan itu terhenti saat seorang gadis menghampirinya, terlihat senyum di wajah roby ketika gadis itu berkata “hai…boleh aku duduk disini?”. Tanpa ragu roby menjawabnya dengan senyum di wajahnya yang perlahan bahagia. Gadis itu lalu duduk di samping roby, “kamu lagi apa sih kok sendirian aja?”. Roby menjawabnya dengan bibir yang sedikit bergetar, “hmm…ga kok…cu…cu..ma…nulis aja”. Gadis itu lalu tersenyum, dan menatap mata roby dengan begitu tajamnya. Roby tertunduk malu, tak sanggup melihat tatapan gadis itu. Gadis itu lalu memegang tangan roby sambil berkata “nama ku anggun…nama kamu siapa?”…senyuman gadis itu membuat roby tak mampu tuk berkata, hanya diam membisu dan terus tertunduk. Gadis itu lalu pergi dan meninggalkan secarik kertas yang bertuliskan angka-angka nomor handphonenya. Roby melihat kertas itu seakan tak percaya, ia berulang kali menampar pelan dirinya, ia merasa sedang bermimpi

        Contoh dialog 2;
        aku duduk dan tiba-tiba ada suara seorang cewe yang memanggilku
        nisa; “Hayyyy,,, ijal,ijal” terdengar suara memanggilku dari belakang
        aku; “iya nisa, gimana” aku pun menengok ke belakang dan menjawabnya

        jadi maksud saya,, sebuah dialog tu,, harus dialognya seperti contoh dialog 1 atau 2
        kalau 1 itu dialognya horizontal kan,, dan kalau yang dua Vertikal

        • caramenulisnovel453 says:

          Yang 1 lebih bagus

  173. kadri says:

    saat ini kerjaan saya cuma menulis di setiap malam, akan tetapi karya-karya cipataan saya cuma puis dan cerpen, nha karya puisi saya sudah banyk ,tp nga tau bagus ap tdak sedangkan cerpen sya cuma satu dn itupun erotis menurut ku, judulya susu langsung dari karyawan..

  174. kadri says:

    baru saja saya meulis puisi, nga tau ap judulnya yang bagus saya berikan,
    tolong berikan judul yang baik.!! thanks.
    Oleh: Sulkadri
    Ku disini
    Kau jauh disana
    Seperti bintang tanpa ditemani langit malam
    Mengajarkan aku, cara menyendiri tanpamu
    dalam dunia yang sepi
    Bernapas dalam dunia yang hanya ada malam
    Kini tinggal perasaan sendiri
    tak memiliki
    Dan hati membusuk menuggumu
    Bagaimana dengan engkau disana
    Mungkin perasaanmu telah memiliki
    Bahkan engkau bersembunyi berdua disana
    dengan penuh canda dan tawa

    sedangkan perasaan ini hanya kenagan tersisa
    Diantara kita membuat hati ini pudar
    Hingga pada akhirnya ku sepi sendiri
    Dengan airmata yang tertetesi karnamu.

  175. nata says:

    boleh minta pin tow fb bwat konsultasi?

  176. niam taufiq abawi says:

    assalamualaikum wr wb

    sebelumnya saya sangat suka menulis dan mengarang sebuah tulisan namun saya sendiri masih amat belum mengerti bagaimana cara menyusun serta merangkai tulisan/novel yg demikian mempunyai beberapa lembar atau termasuk banyak.. yg saya permasalahkan, ide” sudah ada, gambaranpun sudah ada tp kemarin saya mencoba dan hasilnya kebanyakan mengunakan kata dan, tp, tiba”, dan kata-kata sebagainya. gmana merangkai sebuah tulisan agar nyambung dan tak bnyak mengunakan kata-kata itu,,??? tolong infonya ..terimakasih

  177. vian says:

    wahhhh,,,, asikkk kayanya nulis ide-ide diotak jadi sebuah novel. v aku bingung deh mbak nyari bahasa tulisan y tepat buat menggambarkan ide itu jadi tulisan. aku kalo mulai nulis pasti berhenti karena bingung nyari bahasa y enk dibaca buat cerita lanjutannya. hmmmm gimana ya supaya ide itu bisa nyampe

  178. kim na in says:

    Saya mau tanya. Judul novel itu harus nyambung sama ceritanya apa engga?
    Saya juga dengan prolog dalam cerita. bisa tolong bantu dan sedikit jelaskan? Thanks

  179. Krishna Mahendra says:

    Admin
    Tempat buat ngeshare hasil karya novel kira kira dimana ya?
    Klo ada web tempat ngeshare karya2 novel, aku minta link nya donk

    Thanks

    • caramenulisnovel453 says:

      Ngeshare gratis maksudnya? Kalau gitu di blog anda aja. Undang bloger lain untuk baca2 dan kasih masukan. Tapi kalau ngeshare untuk iklan karya anda agar orang tertarik beli di facebook dan twitter aja.

  180. azizalhafis says:

    Assalamualaikum.saya pemula,saya baru kls 1SMA,saya suka menulis dan alhamdulillah saya sudah bisa membuat beberapa cerpen dan menang di beberapa perlombaan dikota saya.dan saya mencoba membuat novel,tapi saya bingung harus mengawali nya dari mana,saya ingin minta tolong agar dituntun menjadi seorang penulis,apakah admin blog ini bisa saya hubungin lewat BBm atau Sms?kalau lewat email saya rada kaku,bisakah?lewat line atau aplikasi semacamnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>