Cara Cepat Menulis Novel Dengan 3 Langkah yang Menggugah!

speeedApakah Anda mengalami kesulitan menyelesaikan novel Anda? Mandeg menulis karena kurangnya inspirasi? Terlalu sibuk sehingga novel Anda terbengkalai? Tidak tahu cara cepat menulis novel? Berikut ini adalah cara menulis novel dengan cepat dan lancar. Dengan mengikutinya Anda akan lebih mengerti bagaimana menyiasati waktu dan menargetkan batas akhir penulisan novel anda dengan cepat dan semangat. Selamat membaca…

  1. Tetapkan goal

Menulis novel tanpa goal (sasaran) seperti lomba lari tanpa garis finis. Kita akan kecapean karena harus lari terus menerus tanpa tahu apa yang ingin kita raih. Atau kita jadi malas lari karena tidak ada yang harus diperjuangkan. Begitu juga dalam menulis novel. Bila tanpa sasaran atau target maka Anda akan kecapean sendiri dan putus asa dengan novel Anda. Apakah Anda pernah merasakannya?

Bagaimana cara menetapkan goal?

Ini dia kata kuncinya: Lihat garis finishnya.

Kumpulkan tenaga. Fokus dan “berlarilah” secepat mungkin.

Mari saya jelaskan panduan menulis novel: mengrucutkan target berikut ini.

  1. Tetapakan jumlah halaman yang ingin Anda tulis. Misalnya Anda ingin menulis 200 halaman novel.
  2. Tetapkan targer pengerjaannya. Misalnya Anda ingin menyelesaikan novel dalam enam bulan.
  3. Tetapkan target jangka pendek. Mari kita hitung-hitungan atau kita rincikan target menulis novel jangka pendek. Bila jumlah halaman yang Anda targetkan 200 halaman dan jumlah bulan pengerjaan selama 6 bulan maka bagikan saja jumlah halaman dan jumlah bulan. Hasilnya adalah jumlah halaman yang harus Anda tulis dalam  satu bulan:

200 halaman/6 bulan =  33 halaman dalam 1 bulan.

Turunkan lagi target jangka pendek itu menjadi target mingguan.

33 halaman/ 4 minggu = 8, 25 halaman dalam 1 minggu

Turunkan lagi target mingguan menjadi target harian.

8,25 halaman/ 7 hari = 1,1 halaman dalam 1 hari.

Jadi, Anda harus mengetik satu halaman lebih untuk dapat menyelesaikan 8 halaman dalam seminggu. Anda harus mengetik 33 halaman novel dalam sebulan untuk Menyelesaikan seluruh novel Anda dalam 6 bulan.

Ya, untuk menyelesaikan novel dengan cepat, Anda harus menetapkan target yang jelas. Dan jangan lupa, Anda harus mengerjakan apa yang telah Anda rencanakan. Intinya adalah konsisten.

  1. Konsisten

Konsisten artinya terus-menerus. Konsisten artinya tetap, tidak berupah-ubah. Konsisten artinya selaras, lurus tidak bengkok. Konsisten dalam istilah Islam adalah istiqomah.

Tidak ada kesuksesan tanpa konsistensi. Konsisten itu seperti air menetes batu keras di dalam gua. Biar sedikit tapi rutin. Lama-lama batu yang keras berlubang juga.

Ambillah tindakan yang sesuai yang selaras dengan apa yang telah Anda putuskan. Sekali anda putuskan, laksanakan dengan konsisten. Taatlah pada target bulanan, target mingguan, dan target harian. Bila anda tidak taat, bahaya! Sebab Anda akan kecewa.

Coba bayangkan, ketika orang lain menjanjikan bertemu dengan Anda namun dia tidak datang. Bagaimana perasaan Anda. Kecewa, kan? Begitu juga bila Anda menjanjikan target menulis novel dalam waktu sekian bulan dan ternyata Anda tidak menepatinya. Mungkin anda tidak kecewa sekarang tapi nanti.

Ketika anda sudah malas-malasan menggarap novel anda; novel anda menganggur selama berbulan-bulan; akhirnya novel kesayangan anda tidak pernah terbit, disitulah penyesalan akan muncul. Anda kecewa dan mungkin berkata, “Mengapa dari dulu saya tidak menulis novel saya.”

Yap, penyesalan selalu datang belakangan.

Dari itu, hargailah diri anda. Patuhi komitmen anda. Bila anda mengalami kendala dijalan, jangan berhenti, bertanyalah, membacalah, diskusikan, cari bimbingan. Teruslah berjuang. Semakin sering Anda menepati janji terhadap diri, lama-lama rasa pede akan menyelimuti. Bila rasa pede anda sudah tumbuh besar, dengan mudah Anda menggapai cita-cita menjadi novelis besar yang anda inginkan.

Anda harus bangga punya teman yang dapat dipercaya dan anda harus lebih bangga lagi bila memiliki diri yang dapat dipercaya. Sepakat?

So, konsisten, bro. Konsisten!

 

  1. Yakin

Anda harus memiliki keyakinan. Bila Anda yakin novel Anda akan selesai, maka keyakinan Anda itu akan menggerakkan jiwa dan raga Anda untuk menyelesaikannya. Dan bahkan Anda akan mengaktifkan dukungan dari apa saja yang ada disekitar Anda, baik itu teman, keluarga, dan bahkan buku dan pena Anda sendiri akan mendukung Anda. Dan novel kesayangan Anda akan selesai sesuai target, mudah-mudahan.

Keyakinan Anda itu akan bergaung kuat ke sekitar Anda. Seperti melemparkan bola ke dinding. Semakin kuat Anda melemparkan bola semakin cepat pula bola kembali ke Anda. Semakin kuat keyakinan Anda maka semakin kuat pula dukungan datang kepada Anda, dari segala arah. Dari arah yang tak terduga. Percayalah!

Lalu, bagaiman cara menumbuhkan keyakinan?

Bayangkan bahwa Anda akan membuat sebuah novel. Walaupun Anda belum menyelesaikannya, baru menulis satu dua lembar namun anda harus yakin. Bayangkanlah novel Anda akan selesai dan segera terbit. Bayangkan itu ketika Anda sedang menulis sebuah novel best seller.

Yakinlah! Anda bisa melakukan apa saja dengan keyakinan. Bila ada keyakinan disitu ada jalan. Bila ada keyakinan air comberanpun bisa jadi obat. Namun tanpa keyakinan nasi putih saja bisa jadi racun.

Ya, yakinlah Anda bahwa novel Anda akan selesai tepat waktu. Bila Anda berani yakin, jangankan satu novel dalam enam bulan, enam novel dalam enam bulan pun bisa Anda buat. Orang bijak mengatakan, “Bila keyakinan itu ada, maka Anda bisa memindahkan gunung.”

Namun bila Anda tidak yakin, maka Anda tidak akan mampu menyelesaikan novel Anda itu. Walaupun novel Anda itu hanya 30 halaman.

Ya, untuk menyelesaikan novel dengan cepat, Anda harus menetapkan target yang jelas. Konsisten dengan target itu. Dan memiliki keyakinan yang kuat pada kemampuan diri sendiri. Ketiga hal ini: target, konsisten, yakin, adalah kunci utama cara menulis novel dengan cepat.

Tulisan ini saya tujukan untuk anda agar anda semangat. Ini adalah panduan menulis novel yang dahsyat.

Sebarkan Tulisan Ini:
This entry was posted in cara cepat menulis novel and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Cara Cepat Menulis Novel Dengan 3 Langkah yang Menggugah!

  1. Abdurrahman says:

    Makasih Kak… Buat tipsnya, sangat membantu… :)

  2. Titin Nabila Laseehe says:

    thanks yah ka buat tipsnya,,,
    semangat terasa bangkit kembalii,,
    semoga saya bisa mengaplikasikannya,,
    aminn,,

  3. vire says:

    makasih kak buat tipsnya benar-benar sangat membantu saya dalam pengerjaan novel

    • caramenulisnovel453 says:

      Sama sama. Terus Belajar dan Tetap Semangat

  4. Nabila Amalia says:

    Makasiiooh banget yaa infonya, bermanfaat sekaleeh.. =3

  5. Muhamad Fajar Septian says:

    Makasih ya ;)
    bermanfaat bgt buat gua ni…mudah”an kali ini novel gua bisa bner” selesai..aamiin

  6. NIH BISA DI IMPLEMENTASIKAN COCOK SIIIP DAAAH, saya akan mncoba bersosialisai dgn konsisten kak thanks be your self

  7. bells says:

    setuju banget kak sama tips-nya! semoga saya bisa menjalankan semua tips itu. anyway posting tersebut sangat menolong saya saat ini, terima kasih, mbak ^^

  8. nola says:

    kalau di tentuin halaman, apa bakalan pas dengan cerita yang bakal dibuat ?

    • caramenulisnovel453 says:

      Jumlah halaman ga jadi soal. Yang penting ceritanya harus menarik. Kalo ceritanya menarik biasanya yang nulis juga akan menulis dengan asyik. jadi lupa dengan waktu

  9. Terima kasih mbak tipsnya. Membantu banget.

  10. Vika mourissta says:

    Sangatt bagus tips nya^^
    gimana cara nya ya mbak agar novel kita lolos dari redaksi, sekadang menurut orang2 tulisan kita sudah bagus cerita nya pun begitu. Tetapi menurut redaksi hasilnya sangak kurang..

    • caramenulisnovel453 says:

      pertama, anda harus coba2. Sebab tak ada yg bisa memastikan novel anda baik atau buruk kalau tidak ditawarkan. Kedua, anda harus lihat ciri2 novel yg udah diterbitkan si penerbit. bagaimana corak, gaya, tren si penerbit anda harus selidiki kalau anda hanya mau ditrbitkan hanya sama penerbit itu. Ketiga, saran saya jangan terpaku sama satu penerbit. bila ditolak cari yang lain. Keempat, terbitkan sendiri karya anda. cari di google: self publishing indonesia

  11. putri mei dianti says:

    mkasih ea ka aq jdi terinspirasi utk nglanjutin novel q….

  12. emaa tiyana says:

    tipsnya bikin semangat. makasih kaka :)

  13. Arie says:

    Mbak , Sangat Bagus Tips nya …. Saya Suka ..

    Saya Ga Tau Apa Apa Tntng Buku Novel , Tapii Saya suka buat Cerita .. Kata Teman Saya Ceritanya Bagus Dan Kenapa Engga Di Jadikan novel ..

    Saya Mau Tanya ….
    Kalo Mau Membuat Buku Novel nya Gmna ,,,

    Alat Apa Sahja Yang Harus Saya Siapkan …. ^^

    Saya Tunggu Jawabannya Yah ,,, Yang Tau Juga Boleh Jawab kok ^^

  14. dediono says:

    thanks a lot for the tips!

  15. tiar says:

    sangat membantu dan memberikan keyakinan buat selalu berkarya
    terima kasih kak :)

    • caramenulisnovel453 says:

      Sama2 Tiar. Terima kasih telah berkunjung

  16. Annisa Novtidiya says:

    Kenapa ga dari kemarin-kemarin aja sih saya liat postingan ini.
    Postingan ini bisa membuat saya jadi semangat lagi buat bikin cerita novel ^_^
    sudah berusaha buat bikin novel, tapi kandas semuanya karna ga ada sasaran yang harus ditetapkan, ga konsisten, ga yakin pula..
    Terimakasih ya udah bikin saya terinspirasi kembali..

  17. Ria says:

    Mba, tips-tipsnya benar-benar membuka pikiran ku yang masih pemula ini. Tapi aku mau share problem ku, aku masih agak kesulitan untuk menuliskan prolog, masih suka kurang percaya diri sama alur novel ku kalau-kalau ngga nyambung sama prolog, kadang karena terlalu asik nulis dan ada banyak ide dalam kepala saya jadinya suka lupa. Lalu untuk masalah point of view, lebih baik dari sisi si protagonis atau orang ketiga? Karena aku mau menonjolkan perasaan dari toko-tokoh dalam novel ku. Mohon sarannya boleh?

    Terimakasih sebelumnya.

  18. ahyar says:

    trimksh… ijin kopas ya.

    • caramenulisnovel453 says:

      Oke, kasih link ke sini ya :)

  19. Lulu Xanadu says:

    terimakasih,,, sangat menginspirasi… I CAN DO IT.. :D

  20. bahiyatul wahyunie says:

    Makasih atas tips nya….jadi semangat menulis…

  21. Terimakasih banget. Kobaran api yang menyulut kebekuan gairah jiwa. Salam Sastra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>